BAGIAN PEMERINTAHAN

Penulis : Administrator | Di Publish Pada : 2017-09-20 09:22 | Kategori : page

Bagian Pemerintahan

  • Bagian Pemerintahan mempunyai tugas pengoordinasian pelaksanaan penyelenggaraan urusan pemerintahan desa, administrasi wilayah pemerintahan dan pertanahan, tata usaha biro, serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  • Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud Bagian Pemerintahan menyelenggarakan fungsi:
    1. pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang pemerintahan desa;
    2. pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang administrasi wilayah pemerintahan dan pertanahan;
    3. pengoordinasian pelaksanaan tugas urusan tata usaha dan rumah tangga biro;
    4. pelaksanaan monitoring, evaluasi pelaksanaan tugas; dan
    5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.
  • Bagian Pemerintahan, terdiri atas:
    1. Sub Bagian Pemerintahan Desa;
    2. Sub Bagian Administrasi Wilayah Pemerintahan dan Pertanahan; dan
    3. Sub Bagian Tata Usaha Biro.

Sub Bagian Pemerintahan Desa

Sub Bagian Pemerintahan Desa mempunyai tugas menyiapkan  pembinaan dan petunjuk pelaksanaan fasilitasi, koordinasi pemerintahan desa.

- Uraian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Sub Bagian Pemerintahan Desa berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. melaksanakan fasilitasi, koordinasi, pembinaan, sosialisasi pedoman serta monitoring dan evaluasi pengelolaan kelembagaan desa;
  3. melaksanakan fasilitasi, koordinasi, pembinaan, sosialisasi pedoman serta monitoring dan evaluasi aparatur pemerintahan desa;
  4. melaksanakan fasilitasi , koordinasi, pembinaan, sosialisasi pedoman serta monitoring dan evaluasi administrasi pemerintahan desa;

Sub Bagian Administrasi Wilayah Pemerintahan dan Pertanahan

Sub Bagian Administrasi Wilayah Pemerintahan dan Pertanahan mempunyai tugas mengoordinasikan pembinaan dan petunjuk pelaksanaan administrasi wilayah pemerintahan dan pertanahan.

- Uraian tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), sebagai berikut:     

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun anggaran Sub Bagian Administrasi Wilayah Pemerintahan dan Pertanahan berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. menyiapkan bahan pemberian bimbingan, perumusan kebijakan dan koordinasi penyelenggaraan administrasi wilayah pemerintahan, supervisi, pembinaan dan sosialisasi pemberian nama-nama geografis, toponimi/rupabumi, perubahan nama, pemindahan ibukota daerah, pemindahan pusat pemerintahan daerah dan pertanahan;
  3. menyiapkan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan mengenai kode dan data wilayah administrasi pemerintahan;
  4. menyiapkan bahan fasilitasi di bidang pertanahan;
  5. menyiapkan bahan fasilitasi penataan batas wilayah administrasi pemerintahan antar provinsi dan kabupaten/ kota;
  6. menyiapkan bahan fasilitasi pembentukan kawasan khusus bencana, kebakaran, serta gangguan ketentraman dan ketertiban;

Sub Bagian Tata Usaha Biro

Sub Bagian Tata Usaha Biro mempunyai tugas pelayanan administrasi umum, mengelola administrasi keuangan biro, administrasi surat menyurat, kearsipan, kepegawaian, perlengkapan, tatalaksana, analisis jabatan, dokumentasi peraturan perundang-undangan, penyediaan bahan rencana dan program kerja serta pengoordinasian pelaksanaan pelaporan biro.

- Uraian tugas sebagaimana dimaksud sebagai berikut:

  1. merencanakan kegiatan program kerja per tahun Sub Bagian Tata Usaha Biro berdasarkan prioritas target sasaran yang akan dicapai sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;
  2. membagi tugas kepada para bawahan lingkungan Sub Bagian Tata Usaha Biro sesuai dengan bidang tugasnya baik secara lisan maupun tertulis agar tugas segera diproses lebih lanjut;
  3. memberi petunjuk kepada para bawahan lingkungan Sub Bagian Tata Usaha Biro baik secara lisan maupun tertulis untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan dalam pelaksanaan tugas;
  4. memeriksa hasil pekerjaan para bawahan Sub Bagian Tata Usaha Biro dengan membandingkan antara hasil kerja dengan petunjuk kerja untuk penyempurnaan hasil kerja;
  5. menilai prestasi kerja para bawahan lingkungan Sub Bagian Tata Usaha Biro berdasarkan hasil kerja yang dicapai sebagai bahan dalam pembinaan dan peningkatan karier;
  6. mengumpulkan bahan untuk penyusunan rencana dan program kerja biro;
  7. mengelola surat menyurat dan arsip biro;
  8. mengelola administrasi keuangan biro;
  9. mengelola urusan administrasi kepegawaian meliputi kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, cuti, kesejahteraan pegawai, laporan berkala, laporan analisis jabatan dan analisis beban kerja biro serta formasi jabatan dan standar kompetensi jabatan di lingkungan biro;
  10. mengelola perlengkapan dan rumah tangga biro;
  11. mengelola dokumentasi peraturan perundang-undangan;

 


Hubungi Kami

Sosial Media