Penandatanganan Kesepakatan Penyelesaian Batas Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Provinsi Kalimantan Barat

Penulis : Administrator | Di Publish Pada : 2019-07-01 11:36 | Kategori : Pemerintahan

 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah berkunjung Ke Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 30 Juni 2019 dalam rangka Kunjungan Kerja dan Tatap Muka dengan Gubernur Kalimantan Barat. . Gubernur Kalimantan Tengah yang diwakili oleh Sekda Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri, S.Hut., M.P. Dalam kunjungan tersebut juga dihadiri delegasi Provinsi Kalimantan Tengah yaitu yaitu Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Seruyan.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Tengah yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu setiap daerah pada dasarnya memiliki potensi dan sekaligus keterbatasan masing-masing. Keterbatasan pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan publik yang menjangkau seluruh masyarakat berpotensi menyebabkan ketimpangan pemerataan hasil pembangunan dan pelayanan publik. Tidak jarang masyarakat lebih dekat dan lebih mudah mengakses pelayanan publik dari daerah lain daripada di daerahnya sendiri, sehingga berbagai kebutuhan dasarnya lebih banyak terpenuhi dari daerah tetangganya.

Permasalahan dan tantangan penyelenggaraan pemerintahan daerah adalah dalam rangka pengembangan kawasan, maka kerja sama antar daerah yang berbatasan merupakan suatu kebutuhan untuk menutup keterbatasan yang dimiliki dalam rangka pemerataan hasil pembangunan dan meningkatkan pelayanan publik.

Dalam konteks batas wilayah, alasan utama diperlukan kerjasama antara pemerintah daerah adalah agar berbagai permasalahan yang timbul sebagai akibat adanya hubungan fungsional lintas wilayah administratif dapat diselesaikan bersama dan sebaliknya agar beragamnya potensi yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.

Pada pertemuan tersebut Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Provinsi Kalimantan Barat menyepakati,untuk segera menyelesaikan permasalahan tata batas wilayah antara kedua wilayah pada tahun 2020. Adapun daerah Provinsi yang berbatasan adalah Kabupaten Lamandau – Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sukamara – Kabupaten Ketapang.


Hubungi Kami

Sosial Media