Sosialisasi Mekanisme Pemberhentian Dan Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Dan DPRD Kabupaten/Kota Terpilih Hasil Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019

Penulis : Administrator | Di Publish Pada : 2019-07-24 14:49 | Kategori : Otonomi Daerah

Pada hari Senin tanggal 22 Juli 2019 telah diadakan Sosialisasi Mekanisme Pemberhentian Dan Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Dan DPRD Kabupaten/Kota Terpilih Hasil Pemilihan Umum Serentak Tahun 2019 di Swiss Bell Hotel Palangka Raya. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Dewan, Sekretaris KPU, Bagian Pemerintahan se Kalimantan Tengah.

Dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri selaku Sekretaris Daerah menyatakan bahwa momen tersebut sebagai sarana bagi Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten untuk dapat bersinergi dan satu kesepahaman dalam hal Mekanisme Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Legislatif merupakan wadah untuk menyamakan Pemilu serentak tahun 2019.

Anggota DPD, DPR-RI serta DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, calon-calon anggota legislatif yang terpilih nantinya yang akan menduduki jabatan sebagai anggota DPD RI, DPR-RI, serta anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota. Termasuk juga provinsi Kalimantan Tengah telah terpilih sebanyak 425 orang/Kursi yang tersedia pada DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah.

Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemberhentian dan Pengangkatan dilakukan sesuai dengan mekanisme dan persyaratan yang ada. Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten /Kota terpilih dilakukan berdasarkan hasil penetapan Komisi Pemilihan Umum Tahun 2019. Keanggotaan DPRD diresmikan dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri bagi Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dan Keputusan Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Selain itu Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan bahwa pada bulan september Tahun 2020 Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur serta Bupati/Wakil Bupati Kotawaringin Timur. Pemerintah provinsi berharap dengan pengalaman pemilu serentak tahun 2019 yang telah lalu, tingkat partisipasi masyarakat dapat dipertahankan bahkan cenderung untuk ditingkatkan. Berdasarkan pengalaman banyak faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi pemilih antara lain kredibilitas pasangan calon, pelaksanaan sosialisasi, serta kondisi dan situasi politik. Optimalisasi partisipasi pemilih perlu terus dilakukan dengan cara memutakhirkan metode sosialisasi baik melalui tatap muka dan penggunaan media komunikasi, termasuk media komunikasi digital. Selain itu, diharapkan peran pemerintah daerah kabupaten/kota secara optimal dalam memfasilitasi pelaksanaan pilkada melalui pembentukan desk Pilkada, sosialisasi, monitoring dan pemantauan serta penyediaan sarana dan prasarana juga Sumber Daya Manusia yang dapat mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada dan peningkatan partisipasi pemilih. 


Hubungi Kami

Sosial Media