RAPAT KOORDINASI PELAKSANAAN KEGIATAN DEKONSENTRASI GUBERNUR SEBAGAI WAKIL PEMERINTAH PUSAT

Penulis : Administrator | Di Publish Pada : 2022-11-22 14:39 | Kategori : Hubungan Kerjasama

Kegiatan Diseminasi yang diselenggarakan pada hari Senin 21 November 2022 dan Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah pada Hari Selasa 22 November 2022 bertempat di Hotel Neo-Palma Palangka Raya dibuka langsung oleh yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yaitu Bapak. DR.H.M. Katma F. Dirun, SE., M.Si. Kedua acara tersebut adalah kelanjutan dari rangkaian kegiatan identifikasi dan pemetaan terhadap urusan pemerintahan yang dapat dikerjasamakan yang merupakan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah pasal 5 ayat (1) dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 22 Tahun 2020 tentang Tata Cara Kerja Sama Daerah dengan Daerah Lain dan Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga pasal 5 ayat (1) yang menyatakan bahwa, "Daerah yang akan melaksanakan kerja sama melakukan Identifikasi dan Pemetaan Urusan Pemerintahan yang akan dikerjasamakan sesuai potensi dan karakteristik daerah’’. Narasumber Pada acara Diseminasi narasumber yaitu Bapak Drs. Bimo Aryo Tedjo., M.Si/ Kasubdit Kerja Sama dan Penyelesaian Perselisihan Antar Daerah Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerja Sama Kemendagri, Bapak NANA SUHARTANA dari Rikolto Indonesia selaku Rice Programme Manager  Rikolto Indonesia. Rikolto adalah LSM internasional yang berpengalaman dalam bermitra dengan organisasi petani dan pelaku rantai makanan di berbagai belahan dunia yang akan berbagi informasi dan praktik kerja sama dalam memberdayakan kelompok-kelompok tani menjadi mitra bisnis yang solid melalui penerapan praktik-praktik berkelanjutan di masa depan dan bagaimana agar produk mereka memenuhistandar kualitas serta menghubungkan mereka dengan para inovator dalam industri makanan.

Hasil akhir dari Proses Identifikasi dan pemetaan Urusan pemerintahan yang dapat dikerjasamakan ini adalah berupa rencana program dan kegiatan kerja sama daerah yang akan kita inisiasi kedepan.

 

 

 

Sedangkan kegiatan Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah Selasa tanggal 22 November 2022 dibawakan oleh narasumber yang merupakan tenaga ahli TKKSD Provinsi Kalimantan Tengah yaitu FERRY YUNIVER, ST, M.Si. Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah merupakan pelaksanaan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 368 ayat (1), bahwa Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap kerja sama yang dilakukan Daerah Kabupaten/Kota dalam suatu Daerah Provinsi. Hasil evaluasi tersebut selanjutnya akan kami susun dalam bentuk Laporan Tahunan Kerja Sama Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri.

 

Tujuan maupun output yang diharapkan dari diselenggarakannya 2 kegiatan tersebut di atas adalah : 

  1. Mendorong inisasi dan terselenggaranya kerja sama daerah;
  2. Tersusunnya program dan kegiatan kerja sama daerah yang terencana, berkesinambungan, efektif, efisien dan membawa manfaat bagi kemajuan wilayah;
  3. Meningkatnya kualitas kerja sama daerah;
  4. Meningkatnya perekonomian dan daya saing daerah melalui mekanisme kerja sama daerah; dan

Tersusunnya dokumen Laporan Tahunan Kerja Sama Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022.


Hubungi Kami

Sosial Media