Pengucapan Sumpah/Janji Jabatan dan Pelantikan Penjabat Wali Kota Dan Penjabat Bupati di Provinsi kalimantan Tengah Tahun 2023 Oleh : Gubernur Kalimantan Tengah Atas Nama Presiden RI

Penulis : Administrator | Di Publish Pada : 2023-09-25 22:57 | Kategori : Otonomi Daerah

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran atas nama Presiden RI  melantik dan memandu dalam pengucapan sumpah/janji jabatan Penjabat Wali Kota dan 9 Penjabat Bupati di Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalimantan Tengah, Palangka Raya pada Senin 25 September 2023.

Guna mengisi kekosongan Kepala Daerah dan untuk menjamin kelancaran penyelenggaraan pemerintahan daerah sampai dilantik pejabat definitif nantinya, maka Menteri Dalam Negeri telah menetapkan Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati sebagai berikut :

  1. Wali Kota Palangka Raya yakni Hera Nugrahayu yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya.
  2. Pj. Bupati Sukamara yakni H. Kaspinor yang menjabat sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesra Prov. Kalteng.
  3. Bupati Seruyan yakni H. Djainuddin Noor yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan.
  4. Bupati Katingan yakni Syaiful yang menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. Kalteng
  5. Bupati Murung Raya Hermon yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Murung Raya.
  6. Bupati Barito Timur yakni Indra Gunawan yang menjabat sebagai Sekretaris Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.
  7. Bupati Barito Utara yakni Muhlis yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara,
  8. Bupati Kapuas yakni Erlin Hardi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perkimtan Kalteng,
  9. Bupati Pulang Pisau yakni Hj. Nunu Andriani yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Prov. Kalteng dan
  10. Bupati Lamandau yakni Lilis Suriani yang menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Kalteng.

Dalam sambutanya , Bapak Gubernur mengatakan dengan dilantiknya Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati maka tugas dan tanggungjawab Penjabat Walikota dan Bupati ke depannya walaupun sementara, tentu saja bukanlah hal yang mudah. Kewenangan yang dimiliki oleh Penjabat Bupati dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab penyelenggaraan pemerintahan di daerah tidak jauh berbeda dengan kewenangan Bupati definitif. Laksanakan tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan baik dan seoptimal mungkin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta memperhatikan esensi masalah daerah dan difokuskan pada upaya pemberian pelayanan publik yang terbaik bagi kepentingan masyarakat.Perlu Saya garis bawahi bahwa sampai dengan tahun 2024 ada moment politik yang penting dan strategis yang akan menghadapi Pemilu Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak 2024, oleh karena itu Saudara memiliki  tugas pokok yang harus Saudara perhatikan dengan sungguh-sungguh; Pertama, melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Kedua, memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu Presiden dan wakil presiden, serta Legeslatif serentak tahun 2024; Ketiga memfasilitasi penyelenggaraan Pemilihan  Kepala Daerah dan wakil Kepala Daerah serentak tahun 2024 sampai terpilih dan dilantiknya kepala daerah definitif.

Penanganan Inflasi di Provinsi Kalimantan Tengah, berkat bantuan Walikota dan Bupati bahwa Provinsi Kalimantan Tengah paling rendah se Kalimantan dengan nilai 2.99% sesuai dengan target yang telah ditetapkan yaitu 3%.

Memerangi stunting. Gubernur berpesan agar generasi pemuda pemudi di Provinsi Kalimantan Tengah ini bisa memiliki tinggi badan yang baik dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk menganggarkan kegiatan stunting.

Menuntup sambutannya, Gubernur mengajak agar Bupati dan Walikota untuk dapat mendukung kemajuan Bank Kalteng melalui penyertaan modal dan mengucapkan selamat bekerja kepada Pj Bupati dan Walikota semoga dapat membawa kebaikan untuk Provinsi Kalimantan Tengah. (PPID Biro Pem & Otda)

 

 


Hubungi Kami

Sosial Media